Wednesday, November 2, 2011

Tips Pemakaian Battery dan Charger Handphone




Banyak yang tidak tau cara mencharger handphone dengan baik, sehingga banyak orang yang mengeluh karena battery sering drop,dengan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang: Tips Pemakaian Battery dan Charger Handphone yang baik.




Berikut ini beberapa tips praktis pemakaiannya:


- Battery type Ni-Cad, Ni-MH (sudah jarang dipakai):charge battery sebaiknya saat kondisi battery sudah hampir habis. Hal ini untuk mencegah terjadinya "memory effect" yang berakibat battery cepat drop.



- Battery type Li-Ion, Li-Poly charge batterynya bisa dilakukan kapan saja (tidak perlu menunggu battery hampir habis). Daya tahan battery tipe ini justru ditentukan oleh sudah berapa kali battery dicharge. Sehingga semakin sering dicharge maka semakin pendek usia/daya tahan batterynya.



- Secara berkala bersihkan pin battery dengan bantuan cutton bud dan alkohol.Karena bila pin kotor karena debu/ battery bocor maka akan berakibat hp sulit dihidupkan atau hp mati-mati.



- Sebaiknya gunakan battery & charger original/asli dari vendor Handphone. Bila terpaksa menggantinya,perhatikan kesamaan spesifikasi teknis antara battery & charger original dengan penggantinya. Speknya bisa dilihat pada Label battery maupun chargernya. Misalnya: tegangan (V) input, tegangan output, arus output (mA)nya (charger).


- Segera lepas charger jika battery sudah penuh. Beberapa vendor Handphone sudah melengkapi Handphone dan charger dengan circuit protector sehingga bila battery sudah penuh (full charge) maka otomatis proses charging akan distop.


- Bila memakai charger mobil sebaiknya tidak terlalu sering karena mobil memakai sumber tenaga accu. Ada kemungkinan hasil charge battery dalam kondisi full charge semu. Sebaiknya charge hp dilakukan dengan terhubung ke PLN karena tentu arus yang dihasilkan accu dan PLN berbeda.



- Saat mengulung kabel charger usahakan tidak dalam posisi tertekuk karena akan merusak kabel/konektornya.



- Bersihkan juga secara berkala konektor charger dan system conector Handphone agar proses charging berjalan optimal.


Demikian tips Pemakaian Battery dan Charger Handphone. Semoga berguna dan bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews