Thursday, November 3, 2011

Grand Canyon, Salah satu taman nasional di Amerika Serikat


Grand Canyon adalah sebuah tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat.

Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.


Ngarai ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.


Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an.


Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di ngarai sebagai "daun dalam buku cerita agung". Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok ngarai ini.


Grand Canyon south rim terbuka untuk umum setiap harinya dalam setahun. Grand Canyon south rim terletak di Arizona bagian utara. Tempat ini begitu terkenal keseluruh penjuru dunia. Saya nggak perlu jelaskan panjang lebar lagi, pasti banyak para pembaca yang telah mengetahui bahkan mendatangi tempat cantik yang terkenal ini.


Sedona

Disebut juga “Red Rock Country”. Tempat ini terkenal dan menjadi salah satu primadona wisata di Amerika. Berada diantara Coconico dan Yavapai counties yang masuk dalam Arizona state. Keunikan dan kecantikan tempat ini karena gunung-gunung batu yang terdapat disekeliling kota ini semua berwarna oranye kemerahan dengan bentuk yang beragam. Sungguh sangat mempesona memandang kesekeliling pegunungan berbatu merah ini. Sedona kota kecil yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara kurang lebih 4 juta orang pertahunnya.








Selain tempat ini menarik wisatawan untuk berkunjung karena kecantikannya, Sedona juga menarik sebagai tujuan wisata spiritual. Tempat ini diyakini memiliki energi spiritual. Kota ini pun mempunyai organisasi yang disebut The Sedona Metaphysical Spiritual Association. Nggak heran apabila disana banyak sekali ditawarkan paket wisata seperti healing massage treatments, Sedona vortex, psychics and spiritual counseling, yoga, spas, hypnotherapy dan retreats.


Bagi saya pribadi kota ini memang magical dan unik. Memang terasa energi yang berbeda disaat mengelilingi kota kecil yang tenang dan cantik alami ini. Kota ini terletak agak terpencil dengan bangunan yang disesuaikan dengan tema dan warna-warna alami Red Rock disekitarnya. Sungguh suatu pengalaman tak terhingga bagi saya untuk dapat mengunjungi tempat ini. Menjadikan tempat ini salah satu tempat favorit untuk dikunjungi dilain waktu.




Mt. Superstition






Mount Superstition terdapat di Kota Mesa yang terletak di Arizona bagian selatan. Kebetulan kami menghabiskan beberapa hari untuk berkeliling kota Mesa. Walaupun tidak terlalu ngetop seperti Grand Canyon dan Sedona. Tapi Mesa juga menarik untuk dikunjungi. Saya jadi bisa melihat dari dekat American dessert yang terkenal dengan pohon-pohon cactusnya yang alamak gedenya yang bernama Sonoran cactus.



Mesa selain menawarkan kecantikan padang pasir dengan sonoran cactus-nya, ada satu tempat yang juga menarik untuk saya yaitu Mount Superstition yang tingginya 3000 feet. Mt. Superstition ini membuat tertarik para wisatawan selain karena kegagahan dan keunikan bentuknya juga karena cerita-cerita lama, mystery, legenda-legenda suku Indian dan juga tentang perburuan emas dimasa lampau membuat tempat ini memang menarik untuk dikunjungi. Kita juga bisa menjumpai bekas kota tua yang ditinggalkan biasa disebut ghost town disekitar Mount Superstition ini.


Di akhir bulan Desember dimana di Arizona bagian utara terasa dingin menggigit-gigit dengan salju yang bertebaran sekeliling, pohon-pohon botak tak berdaun yang digantikan oleh salju yang bergayutan. Setelah itu tiba di Sedona yang lumayan dingin tapi hijau, dimana sekeliling mata memandang hanya onggokan pegunungan oranye kemerahan dengan kehijauan pepohonan mengelilinginya. Diakhiri di Arizona bagian selatan dengan udara hangat dan matahari yang rajin menyapa. Dimana sekeliling mata memandang lautan padang pasir dengan pohon-pohon cactusnya yang kokoh menjulang.



Semua hal ini membuat saya tambah merasakan bertapa besar kekuatan Yang Maha Kuasa yang menciptakan keindahan dan keajaiban disetiap tempat dimana,manusia,hewan ,tumbuhan dan semua yang berinteraksi di dalamnya.



Selamat Menikmati.












0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews