Friday, November 4, 2011

Hawaii



Hawaii adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat. Hawaii ditemukan oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada 10 Januari 1778. Penduduk asli kepulauan Hawaii adalah suku bangsa Polynesia. King Kamehameha I yang terlahir pada tahun 1758, adalah raja besar yang pernah berkuasa atas kepulauan Hawaii sekitar tahun 1810. Dinasti Kamehameha diteruskan oleh keturunannya hingga Kamehameha V, yang mangkat pada 11 Desember 1872, yang merupakan penerus terakhir dinasti Kamehameha.


Sejarah kepemimpinan Hawaii masih diteruskan oleh beberapa nama besar kerabat keluarga Kamehameha seperti Lunalilo, Kalakaua, Liliuokalani, hingga akhirnya masuk dalam himpunan negara jajahan Amerika Serikat pada tahun 1900, dan disahkan sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-50, pada 21 agustus 1959.


Pada kongres besar 1993, Presiden Clinton pernah meminta maaf kepada seluruh suku bangsa Hawaii, atas musnahnya dinasti kerajaan Hawaii. Hawaii merupakan salah satu pulau wisata papan atas di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang "super indah" menjadikan Hawaii terkenal keseluruh pelosok dunia.


Tokoh terkenal lain asal Hawaii adalah Duke Kahanamoku, yang merupakan penemu olah raga selancar.


Geografi

Asal Kauai adalah vulkanik, pulau telah dibentuk oleh bagian dari lempeng Pasifik selama hotspot Hawaii. Pada sekitar enam juta tahun, itu adalah tertua dari pulau utama. Puncak tertinggi di pulau pegunungan Kawaikini pada 5.243 kaki (1.598 m) [7]. Puncak tertinggi kedua adalah Gunung Waialeale dekat pusat pulau, 5.148 kaki (1.569 m) di atas permukaan laut.


Salah satu tempat paling basah di dunia, dengan curah hujan tahunan rata-rata 460 inci (1.200 cm), terletak di sisi timur Gunung Waialeale. Curah hujan tahunan yang tinggi telah mengikis lembah di pegunungan tengah, mengukir ngarai dengan air terjun indah banyak. Di sisi barat pulau, kota Waimea terletak di mulut Sungai Waimea, yang membentuk aliran Waimea Canyon, salah satu ngarai paling indah di dunia, dan yang merupakan bagian dari Waimea Canyon State Park.



Pada 3.000 kaki (914 m) dalam, Waimea Canyon adalah sering disebut sebagai "Grand Canyon Pasifik". Na Pali Coast adalah pusat rekreasi dalam pengaturan liar, termasuk kayak melewati pantai, atau hiking di jalan setapak sepanjang tebing pantai.



Sejarah



Selama pemerintahan Raja Kamehameha, pulau Kauai dan Niihau adalah Kepulauan Hawaii terakhir untuk bergabung Kerajaan-Nya Hawaii.Penguasa mereka, Kaumualii, menolak Kamehameha selama bertahun-tahun. Raja Kamehameha dua kali menyiapkan armada besar kapal dan perahu untuk mengambil pulau-pulau dengan paksa dan dua kali gagal, sekali karena badai, dan sekali karena epidemi.


Dalam menghadapi ancaman invasi lebih lanjut, bagaimanapun, Kaumualii memutuskan untuk bergabung dengan kerajaan tanpa pertumpahan darah, dan menjadi pengikut Kamehameha di tahun 1810, menyerahkan pulau itu untuk Kerajaan Hawaii setelah kematiannya pada tahun 1824.



Pada 1815-17, Kaumualii memimpin perundingan rahasia dengan perwakilan Perusahaan Rusia-Amerika dalam upaya untuk mendapatkan dukungan militer Rusia terhadap Kamehameha, namun negosiasi dilipat dan Rusia dipaksa untuk meninggalkan semua kehadiran mereka di Kauai, termasuk Fort Elizabeth , setelah terungkap bahwa mereka tidak memiliki dukungan dari Tsar Alexander I.
Pada tahun 1835 Kota Tua Koloa membuka pabrik gula. Misionaris juga datang pada abad ke-19.




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews